+62 088 999 123

Cara Cerdas Membuat Pc Router Debian 7 Dengan Virtualbox

Sebelum melakukan praktek sebaiknya kenali dulu apa itu ROUTER dan PC ROUTER.
Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing. Sedangkan PC Router adalah PC (Komputer) yang digunakan sebagai Router.

Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut.

Router bekerja dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskannya kepada jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampa terkirim ke tujuan.

Apa keuntungan yang bisa diperoleh jika menggunakan PC Router ini:

  1. Memiliki kemampuan/feature yang luar biasa seperti yang dimiliki oleh peralatan Router hardware Ternama yang harganya puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.
  2. Kemampuan processing dengan speed yang tinggi karena ditangani oleh kecepatan processor PC, memori PC, Mainboard PC, Harddisk PC dan lain-lain.
  3. Hardwarenya sangat mudah untuk di upgrade seperti layaknya PC.
  4. Instalasi yang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dalam praktikum kali ini kita menggunakan Debian, yang merupakan salah satu Varian Linux yang unggul dan stabil bila dijadikan server, disamping harga sangat murah (GRATIS). Dan instalasinya pada mesin virtual menggunakan VirtualBox.

Disini Anda diasumsikan sudah memahami cara membuat mesin virtual baru, cara konfigurasinya dan cara mengaktifkan file ISO Debian untuk menambah repositori.

Mesin virtual yang digunakan adalah virtual Debian dan virtual Windows 7.

OK. Langsung ke TKP..

Step 1. Lakukan Instalasi Debian seperti biasanya.

Step 2. Setelah instalasi selesai, segera lakukan penambahan repositori baik via online (dengan mengetikkan alamat repositori web) atau offline (melalui DVD instalasi).

Step 3.  Lakukan perintah UPDATE.

Step 4. Konfigurasikan jaringan eth0 dan eth1. Dimana eth0 (Adapter 1: NAT) dibuat DHCP dan eth1 (Adapter 2 : Internal Network) dibuat statis.

Step 5. Hubungkan paket Internet Anda pada komputer HOST. Selanjutnya tes ping dari Server virtual Debian. Ping ke IP 8.8.8.8 dan ping ke google.com.

Step 6. Jika berhasil. Aktifkan ip forwarding pada konfigurasi sysctl.conf. Ikuti langkah ini :

nano /etc/sysctl.conf

Hilangkan tanda pagar (#) pada kode di bawah ini :

net.ipv4.ip_forward=1

Step 7. Aktifkan fungsi NAT (merubah jarinan lokal menjadi private), dengan perintah berikut :

nano /etc/rc.local

Ketik kode berikut sebelum kode “exit 0” :

iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE

RESTART Network.

Step 8. Lanjutkan dengan menghidupkan client virtual Windows 7. lalu konfigurasikan alamat IP Client dan eth1 Debian dijadikan gatewaynya.

Step 9. Tes ping dari client Windows 7 ke google.com dan IP 8.8.8.8. Jika belum berhasil silakan periksa konfigurasi ip forwarnya.

Step 10. JIKA BERHASIL PING DAN BUKA INTERNET melalui Client berarti Debian Anda sudah menjadi PC Router.

TUTORIAL SELANJUTNYA …

Membuat Proxy, DNS Server, Web Server dan FTP Server.

  • By nsahid
  • On Dec 22, 2016
  • Kategori: Linux | 3
  • Tags: linux, router, debian,

  • Comment

nsahid

Nur Sahid, mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara. Disamping juga bekerja sebagai freelance untuk pemrograman web dan android. Skill yang dimiliki adalah HTML, CSS, Javascript, PHP Native dan Framework Codeigniter, JQuery, AngularJS, VueJS